Mee Kolok, Cita Rasa Sarawak

Okey readers, kali ini saya akan bercerita tentang satu kuliner dari Negeri Sarawak, yup kolo mee. Kolo mee atau biasa disebut mi kolok adalah salah satu kuliner khas sarawak. Dari namanya sudah pasti makanan ini adalah salah satu olahan dari mie. Bagi kita warga Indonesia pasti sudah pasti tak asing dengan makanan satu ini. Di Indonesia mie bisa disebut sebagai makanan wajib, terutama anak kos. :D. Berbagai macam jenis olahan mie dapat kita temui hampir di setiap tempat di Indonesia, mulai dari mie goreng, mie rebus, mie ayam, yamin, bihun goreng, omelette dan masih banyak banyak lagi. Namun, yang satu ini mungkin jarang atau bahkan tidak pernah kita temui di Indonesia.
Sekilas dari bentuk memang hampir sama dengan mie goreng kebanyakan, tapi yang pasti rasa berbeda. Mie kolok ini biasa dihidangkan dengan kuah kosong atau kecap, dengan tambahan ayam suwir, seafood, atau daging sapi. Tak lupa sayuran seperti sawi atau bawang daun.
Jadi apa yang berbeda dari mie kolok ini ? dari bahan sama saja dengan mie biasa. Jadi menurut saya, yang bikin mie kolok ini lezat yaitu mie itu sendiri, di kedai tempat saya makan mie ini menggunakan mie semacam bihun tapi sedikit berbeda, lebih besar dan kenyal. Terus dari cara memasak mie juga, agak lengket atau "benyek" bercampur bumbu, nah si bumbu ini yang pasti bikin mie kolok ini jadi tambah sedap, ada campuran saos tiram dan bawang bawangan yang terasa banget.
Mie kolok ini cocok di santap selagi panas dan kapan aja. Paling enak siang hari dengan ditambah sambal yang pedas. Super deh lezatnya. Oke sekian dari saya tentang kuliner sarawak ini. sampai ketemu dilain halaman. :*


No comments