Sehari di Tunku Abdul Rahman Park

Tunku Abdul Rahman Marine Park, adalah taman nasional laut yang terdiri dari lima pulau pulau yang terletak di utara kota kinabalu, Sabah. Terdiri dari lima pulau yakni Pulau Manukan, Pulau sapi, Pulau Gaya, Pulau Mamutik, dan Pulau Sulug. Untuk dapat ke pulau pulau ini kita dapat tempuh dengan speedboat dari Jessleton point di Kota Kinabalu. Ya, Tunku Abdul Rahman Park ini terletak tepat di pantai pusat kota Kinabalu. Perjalanan dengan speedboat dari jetty ke pulau sekitar 20 menit saja, begitu pulau perjalanan antar pulau.
Ada banyak hal menarik yang ditawarkan di pulau ini untuk para wisatawan, dan yang paling terkenal adalah spot snorkeling di pulau Manukan dan pulau sapi. Dan disinilah pengalaman pertama saya mencoba snorkeling (duh, nggak nge-hits banget ya). Selain snorkeling, disini juga ada flying fox antar pulau, wow keren kan ? tapi jangan sekali kali nyemplung ya, banyak karang tajam. hehehe. wisatawan juga dapat menikamati sunset di pulau manukan yang juga tak kalah menariknya.
Oke, perjalanan saya dimuali dari kota kinabalu jessleton point. Disini kita dapat memesan speedboat sekaligus peralatan snorkelingnya. waktu itu saya beramai ramai dengan teman teman kerja saya, jadi sekali memesan 3 speedboat. Kebetulan sekali cuaca sedang kurang cerah dan cenderung hujan. Dari sini keseruan dimulai, speedboat melaju kencang disertai ombak yang agak besar, dan kita berteriak kegirangan. :D tujuan pertama kami adalah pulau manukan dan pulau sapi saja. karena kita cuma punya waktu sehari disana. Tengah hari kita berangkat dari jessleton point.

Sesampainya di pulau manukan, kami berjalan jalan sebentar di pulau manukan, mencari tempat santai, pasang hammock dan makan popmie.:D. Dan ternyata dari kelima pulau di tunku abdul rahman park ini, hanya pulau manukan saja yang terdapat resort dan tempat ibadah. Jadi sebaiknya kita sempatkan sholat dulu di pulau manukan sebelum kepulau lain.



Dan pengalaman pertama snorkeling saya dimulai. Karena hari itu hampir seharian tidak ada panas matahari dan mungkin karena banyak pengunjung yang mendahului kami, spot snorkeling yang harusnya sangat indah itu tidak begitu terlihat warna warninya. Berbeda dengan foto yang sempat ditunjukkan kawan saya yang sempat pergi kesana waktu hari sedang cerah. Agak kecewa siih, tapi tak apalah semua terbayar oleh keindahan pantai dan hijau pepohonan di pulau ini. Perjalanan kami lanjutkan ke pulau sapi, lebih kecil dari pulau manukan, spot snorkeling pun masih kalah dengan pulau manukan. Tapi menurut saya, pasir pantai lebih bagus dan bersih. Disini sinilah terdapat wahana flying fox dari pulau sapi ke pulau gaya, sejauh kurang lebih 280meter.


Kami menghabiskan senja di pulau sapi, sangat indah, bersantai sejenak dan berfoto ria. Sempat ketemu juga dengan wisatawan asal Sukabumi, Jawa Barat. Pukul 5 sore kita kembali ke Jessleton point setelah capek berenang renang sana sini. Di Jessleton point ini terdapat restoran padang yang sangat sangat lezat (atau mungkin saya yang kelaparan). Selama saya hidup di sabah, mungkin inilah restoran ala Indonesia paling lezat.
Dan, akhirnya perjalanan saya berakhir di Cellyn hotel kota kinabalu. Dan kesimpulannya, Tunku Abdul Rahman park ini dapat dijadikan salah satu destinasi utama jika kamu kamu pergi ke Sabah. Budgetnya pun tidah tergolong mahal, untuk perjalanan saya tadi cuma menghabiskan RM 100 (kurang lebih Rp.300.000) sahaja. Mungkin RM 200 jika di tambah dengan flying fox. Tidak mahal kan ?
Oke, sekian cerita dari saya dan bye... sampai jumpa di keseruan selanjutnya.






No comments