Tips : Mengatasi Insomnia Secara Alami

Hi...
Long time no post.
Kasian banget blog ini, sering ngga keurus gara gara yang punya kalo nulis nunggu mood bagus dulu. hehehe
Oke kali ini saya mau bagi tips tentang gimana mengatasi insomnia secara alami. Tapi sebelumnya apa sih insomnia itu ?
Jadi menurut wikipedia, Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan untuk tidur. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Dan ini terjadi pada saya hampir tiap hari dan itu nyiksa banget. So, kebayang kan gimana tubuh kita kalo kurang istirahat dan besoknya harus bangun pagi dan kerja seharian. Sumpah itu ngeselin banget, badan jadi capek, males ngapa ngapain, ngantuk dan akhirnya berdampak ke produktivitas kerja kita. Oleh karena itu, saya coba browsing nyari nyari tips untuk mengatasi insomnia. Banyak banget tipsnya dan beberapa memang bener bener bekerja pada saya.

Dan berikut tips mengatsi insomnia secara alami versi saya :

1. Cukup olahraga atau perbanyak aktivitas
    Dengan olahraga atau paling tidak memperbanyakaktivitas disiang hari akan membuat tubuh kita capek dan memungkikan untuk bisa cepat tidur. Selain itu, dengan berolahraga akan membuat tubuh terasa lebih bugar ketika kita bangun dipagi harinya.

2. Hindari stress dengan refreshing
    Berhati hatilah dengan yang satu ini, banyak sekali penyakit yang akan muncul kalau kita stress termasuk insomnia. Sadar atau tidak, penderita insomnia pasti mengalami suatu beban berat dipikarannya sehingga mereka susah tidur. Jadi, alangkah baiknya jika kita sesekali refreshing untuk menghilangkan segala beban pikiran kita.

3. Perbanyak minum air putih
    Insomnia bisa juga terjadi karena tubuh kita dehidrasi atau kekurangan cairan. Jadi untuk mengatasinya minum air putih kurang lebih 2 liter setiap hari.

4. Matikan lampu kamar
    Cahaya yang terang akan membuat kita susah tidur bukan ? cobalah untuk mematikan lampu kamar kamu.

5. Jauhkan Handphone atau gadget lainnya
    Ini adalah salah satu yang paling penting, saya yakin pasti kebanyakan orang apalagi anak muda akan otak atik handphonenya sebelum tidur, entah itu untuk chatting, browsing atau main game. Cahaya handphone ini akan membuat mata kita susah merem, selain itu entah disadari atau tidak muncul keinginan dalam diri kita untuk selalu cek handphone entah tiap menit sekali hanya untuk memastikan ada pesan masuk atau tidak. Dan satu lagi, radiasi yang ditimbulkan olah sinyal handphone bisa berbahaya bagi kesehatan. Jadi alangkah baiknya kita jauhkan handphone dari tempat tidur kita.

6. Hindari minuman kafein dimalam hari.
    Seperti yang kita ketahui minuman berkafein akan membuat kita sulit tidur, apalagi minuman berkafein tinggi seperti kopi hitam. Jadi cobalah untuk mengganti minuman lain seperti susu hangat atau air putih hangat.

7. Perbanyak ibadah dan do'a
    Ini yang menurut saya paling penting dan berpengaruh. Sebagai seorang muslim, Sholat dan berdzikir akan menjauhkan hati dan pikiran kita dari kegelisahan, galau dan beban pikiran kita. Saya percaya bahwa refreshing paling baik adalah berkeluh kesah kepada Tuhan yang maha esa, itu akan membuat hati kita jauh lebih tenang dan tentu membuat kita tidur dengan lelap tanpa beban fikiran. Bagi yang muslim, segeralah untuk sholat malam dan berdzikir ketika susah tidur.

8. Jangan terlalu fikirkan hari esok
    Percayalah kalau esok semua akan baik baik saja. Berserahlah kepada Tuhan dan jangan jadikan kekhawatiranmu membuatmu tidak dapat tidur.

Dan itulah tips-tips dari saya yang Inshallah bekerja dan ampuh membuat cepat tidur. Dan terima kasih sudah nyasar ke blog saya dan membaca tips ini, semoga bermanfaat dan semoga tidur anda lebih nyenyak. :)

No comments