Jadikan Masa Menganggur Menjadi Masa Paling Produktif dengan 10 Kegiatan Ini

Pengangguran ? Oh No !  amit amit jangan sampe ! mungkin begitulah yang fresh graduate pikirkan. Bukan cuma fresh graduate saja, para freelancer atau pekerja kontrak mungkin juga sama, termasuk saya sendiri. Menganggur menjadi satu hal yang sangat menakutkan, tanpa kesibukan, tanpa penghasilan, merasa tidak berguna, merasa jadi sampah, iya nggak sih ? belum lagi pertanyaan orang orang dekat yang malah bikin mau pergi lari ke hutan lalu belok ke pantai. Susahnya mencari kerja di Negara kita ini mengharuskan kebanyakan sarjana baru menunggu dalam waktu lama untuk mendapatkan kerja. Maka beruntunglah bagi kamu yang cepat diterima kerja bahkan sebelum wisuda.

Menganggur bukan berarti kamu diam saja dan nggak nga ngapain bukan ? ada temen yang pernah bilang ke saya kalau masa paling produktif dia bukan saat dia bekerja, tetapi saat dia menganggur. Kok bisa ? saat kita menjadi karyawan hanya hal itu itu saja yang kita lakukan setiap harinya, rutinitas sehari hari hanya seputar pekerjaan saja. Berbeda dengan pada saat kita dirumah, kita bisa melakukan kegiatan kegiatan yang positif lainnya. Jangan sampai kita jadi jobless yang juga hopeless. Berikut 10 hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan produktifitas pada saat menganggur.


  1. Mengikuti seminar atau workshop 
  2. Menjadi peserta seminar atau workshop tentu akan menambah ilmu wawasan kamu. Cobalah untuk mengikuti seminar yang diadakan oleh kampus kampus atau lembaga daerah. Tidak harus sesuai dengan bidang yang kamu geluti, bukankan mencari ilmu itu tidak ada batasan bukan ? semakin banyak wawasan kamu maka akan menjadi nilai tambah bagi kamu dalam mencari pekerjaan.

  3. Menjadi relawan dan ber-organisasi
  4. Banyak manfaat yang kamu dapat saat menjadi relawan atau anggota organisasi. Tidak hanya dapat membantu sesama, menjadi relawan dapat menambah relasi, meningkatkan skill juga dapat meningkatkan rasa percaya diri. Dengan berorganisasi kamu juga dapat mengasah skill kepemimpinan kamu. Sebagai contoh kamu bisa ikut menjadi anggota organisasi relawan pengajar di daerah daerah tertinggal.

  5. Blogging
  6. Kenapa blogging ? apa manfaatnya ? dengan nge-blog kamu bisa mengasah keterampilan menulis kamu, sharing pengalaman yang bermanfaat juga memperluas pengetahuan umum. Dan yang paling penting, dengan nge-blog kamu akan melek teknologi. Nggak percaya ? coba aja.

  7. Membangun usaha sendiri
  8. Selanjutnya yang bisa kamu coba adalah merintis usaha. Membuka bisnis kecil kecilan tentu akan menambah penghasilan kamu, bahkan bisa menjadi pekerjaan utama kamu nantinya. Menjadi entrepreneur yang sukses lebih baik daripada seumur hidup menjadi karyawan (menurut saya). Kalau terkendala modal, tahap awal kamu bisa mencoba menjadi reseller terlebih dahulu.

  9. Olahraga
  10. Tahukah kamu salah satu hal yang paling diimpikan pekerja fulltime ? Waktu luang untuk berolahraga. Olahraga dapat membuat fikiran menjadi tenang serta menghilangkan stress. Olahraga juga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Olahraga kamu hari ini adalah investasi untuk masa depanmu.

  11. Menekuni dan menyalurkan hobi
  12. Kamu suka fotografi ? memasak ? menulis ? berdandan barang kali ? saatnya kamu menekuninya. Kata orang hobi itu memperkaya jiwa, bisa juga suatu saat hobi yang kamu tekuni mengantarkanmu pada kekayaan. Ada satu kawan saya lulusan kebidanan yang justru menjadi make up artist, karena susahnya menghasilkan uang sebagai bidan, dia menekuni hobi dengan serius sehingga menjadikan dia lebih profesional. Dan kamu ? siapa tau bisa menjadi fotografer profesional, chef handal atau kamu bisa jadi penulis terkenal. So, why not ?

  13. Travelling
  14. Beberapa manfaat yang kamu dapat dari travelling adalah kamu akan lebih baik dalam bersosialisasi, menjadikan kamu pribadi yang mandiri dan mudah beradaptasi, serta menciptakan karakter yang lebih percaya diri. Dan yang pasti akan menambah wawasan kamu.

  15. Mengikuti kursus atau training
  16. Mengikuti kursus atau training tertentu dapat menambah skill kamu. Komputer atau bahasa asing misalnya, akan sangat bermanfaat dalam dunia pekerjaan kamu nantinya.

  17. Magang
  18. Magang, salah satu yang bisa kamu coba sebelum memperoleh pekerjaan tetap. Lupakan gaji, dengan magang di perusahaan atau instansi kamu akan memiliki lebih banyak koneksi, pengalaman kerja juga kamu punya kesempatan untuk menjadi karyawan tetap di tempat magangmu.

  19. Memberi waktu untuk diri sendiri, Tuhanmu dan keluargamu
  20. Dimasa menganggur, kamu tentu lebih banyak waktu untuk introspeksi diri, mendekatkan diri kepada Tuhan, lebih banyak berdoa untuk dimudahkan dalam segala hal termasuk pekerjaan. Kamu juga mempunyai waktu lebih banyak dengan keluargamu. Meskipun belum mendapat pekerjaan yang diharapkan, kamu bisa membahagiakan orang tuamu dengan membantu meringankan pekerjaan ayah ibumu di rumah, atau sekedar membantu adikmu mengerjakan PR. Adakah yang lebih berharga daripada kebersamaan bersama keluarga ?

    Itulah hal hal yang mungkin bisa menjadi inspirasi kamu mengisi kegiatan dimasa menganggur. Ingat ! Jangan putus asa dan jadilah pengangguran yang berkualitas.

    Terima kasih sudah membaca...

5 comments

  1. "Memberi waktu untuk diri sendiri, Tuhanmu dan keluargamu"
    sepertinya ini sangat pas untuk diriku ....
    thank telah mengingatkan.

    ReplyDelete
  2. sangat cocok untuk freelancer dikala gak ada kerjaan nih kak :)

    ReplyDelete