Cerita TKW : Dua Minggu Pertama di Jeddah


JEDDAH from 6th floor (taken by my lovely friend Dwi)
Fyi, saya sekarang jadi TKW lagi dooong. Yey, biasa aja ya ? Yasudah saya tetep mau cerita. Ngga tau kenapa ya jadi kayak addicted kerja di luar gitu loh. Banyak alasan saya kenapa lagi lagi kerja di luar. Pertama karena ya emang we earn more kalo kerja di luar negeri, kedua bisa jalan ke tempat tempat baru, ketiga ya "tempat baru, pengalaman baru". Itu alasan personal saya, mungkin yang lain enggak. Bisa karena terpaksa atau alasan lain lainnya.

Sebelumnya saya pernah cerita tentang sepenggal pengalaman saya kerja di Malaysia di umur saya yang masih 20 tahun, masih pucuk dan masih lugu banget, belum kenal yang namanya ibukota, masih belom tau apa apa deh pokoknya. Selama setahun di negeri jiran, break dulu dari dunia per-tkw-an. Terus sekarang, udah jalan dua minggu saya berada di tanah Rasulullah SAW. Terus banyak yang nanya, Kok bisa sampe sana ? gimana ceritanya ? okelah next saya ceritain.
Sama seperti anak rantau lain, pertama datang di tempat baru pasti mikirnya sama. Bisa ngga ya survive disini ? yap, saking kepikirannya sampe selalu bikin angka timbangan menurun curam, padahal bukan pertama kali merantau dan bukan ngga doyan makan juga. Mungkin karena ini di timur tengah yang iklim dan cuacanya ngga bisa woles. Hari pertama diem di kamar doang karena ga kuat panasnya.
Kalau dibikin list, berikut tantangan yang harus dihadapi TKW newbie di Saudi :

  1. Cuaca, yang ini udah pasti lah ya. Kita yang biasa hidup penuh hijau-hijau, angin sejuk dan hujan yang bisa turun kapan aja awalnya pasti akan susah deal sama cuaca di Jeddah, bahkan minggu minggu pertama saya (pertengahan juni) suhu siang hari mencapai 47 derajat celcius. Bukan main khaaaan.
  2. Cara berpakaian, bagi wanita muslim yang sudah biasa pake gamis sehari hari mungkin udah biasa. Tapi buat yang lain bisa jadi ini jadi tantangan berat juga. Tapi ngga seburuk itu kok, lama-lama terbiasa juga bahkan lebih nyaman dan yakin, menutup aurat membuat kita aman.
  3. Bahasa, ini saya banget nih, yang cuma modal bahasa inggris dan bahasa isyarat doang. Cuma bisa baca huruf arab, tapi yang ada harakatnya aja. syedih. Tapi jangan khawatir, mostly bisa bahasa inggris kok, baik itu kasir minimarket, penjual makanan dan lainnya.
  4. Makanan, Saya ngga tau lagi harus makan apa kalau ngga masak sendiri. Biasa kan lidah orang indonesia emang doyan cabe-cabean. Eh
  5. Adaptasi dengan orang dari berbagai negara, ini bisa jadi tantangan bisa jadi pelajaran. 
  6. Keterbatasan bagi perempuan, karena perempuan di negara ini diistimewakan. :)
  7. Biaya hidup yang lebih mahal, tapi sebanding dengan penghasilan yang didapat. Jangan dibandingin dengan harga harga di Indonesia yaa.

Berat memang, tapi Alhamdulillah 2 minggu ini berjalan lancar. Kalau kangen makanan indonesia, ada beberapa resto milik orang Indonesia. Bahan makanan yang biasa dijual di Indonesia juga banyak dijual disini. Kalau soal makanan bisa diatasi kalau kita nggak malas. Soal cuaca dan adaptasi dengan warga lokal atau warga negara lainnya, selagi kita baik terhadap orang lain, maka feedback yang kita dapat pasti baik juga. Btw, senior yang jadi housemates saya baiknya udah kayak ibu peri, makin betah. They are Tunisian btw.
Semua tergantung diri sendiri. Jadi intinya, tetap berdo'a semoga selalu diberi keselamatan, selalu motivasi diri sendiri dan ingat niat awal sampai di negara ini. InsyaAllah berkah. Semuanya bumi Allah, meskipun terpisah ribuan miles kita tetap bisa melihat langit yang sama kok. Cieee... Ihirrrrrr..... 


No comments