Nggak Sengaja Turun Berat Badan dari 59kg ke 50kg, Kok Bisa ?

Terakhir saya punya berat 50kg itu sewaktu masih duduk di bangku SMA, setelah itu udah kayak mimpi punya berat badan segitu. Semenjak lulus kuliah kemudian mulai kerja, berat badan sudah nggak pernah menyentuh 54kg. Karena emang saya dari dulu nggak pernah ada niatan buat diet ketat sampe punya target. Saya masih bisa pede dan berfikir kalau dengan tinggi 160cm dengan berat badan 59kg itu ngga gendut-gendut amat. Dan lagi saya merasa masih bisa gerak kok,  yah meskipun lebih banyak mager- nya.
Ilustrasi dari youtube.com
Sampe suatu ketika saya punya niatan "harus turun".
Berawal dari bulan Oktober 2018, waktu itu saya lagi ngejar target buat turun 2kg aja karena mau apply kerja buat jadi cabin crew di sebuah maskapai international. Gatau kenapa tiba-tiba pengen kerja disitu padahal kayak berbanding 180 derajat dari dunia konstruksi. Yang biasanya kerja pake kemeja seadanya+celana jeans, ditambah sendal karet yang udah paling comfy. Boro boro full make-up, pake liptint aja dibilang paling "niat", karena 90% temen kerja semuanya cowok, jadi cuek banget sama penampilan. Belum lagi tiap kerja selalu ada cemilan, ditambah makan siang yang ngga ada sehat sehatnya. Alhasil, saat itu beratku 59kg.
Februari 2019 - Oktober 2019

Desember 2017 - Oktober 2019

Jadi banyak banget PR yang harus dikerjain termasuk "Grooming", yang salah satunya yaitu "berat badan yang proporsional". Karena maskapai yang ingin saya lamar mensyaratkan berat badan maksimal 58kg untuk tinggi 160cm, dari situ saya kejar target turun 2kg dalam waktu satu bulan biar bisa ikutan daftar.
Apa yang saya lakukan selama satu bulan tersebut ?
Pertama, saya kurangin ngemil di kantor. Kalau ditawarin temen mencoba sekuat tenaga untuk nolak, tapi akhirnya makan juga meskipun sedikit. Ini sebenernya godaan paling berat, saya bakalan gagal diet kalo teman kantor ngga ikutan diet juga. Akhirnya saya pengaruhin mereka buat ikutan diet, yang pada akhirnya tetep aja nggak bisa.
Kedua, tiap pagi saya selalu stretching, push-up dan jumping rope minimal 100x. Kadang saya juga praktik beberapa gerakan pencak silat seperti tendangan dan pukulan berulang ulang. Ini saya lakukan kurang lebih 30menit setiap pagi.
Ketiga, tiap weekend saya usahakan joging di Gelora Bung Karno minimal dua putaran.
Keempat, saya konsumsi diet food dan superfood seperti shirataki, chia seed, sarapan buah, sayur dll. Intinya makan sehat. Saya juga kurangin masak mie instan+telor+sosis+cabe rawit+sawi yang enaknya udah kayak di surga itu. Sebagai gantinya, mie saya ganti dengan shirataki, yang udah pasti nggak enak.
Kelima, puasa senin-kamis. Sebenernya ini bagian dari ikhtiar dan doa, bukan cuma karena pengen kurus aja. Jangan niat puasa karena mau diet yaa !

Jadi gimana hasilnya ?
Hari pertama saya mulai menimbang berat badan lagi, awalnya saya pikir sudah turun 5kg,  tapi ternyata cuma turun 2kg. Kaget sih, padahal rasanya sudah keras banget perjuangan saya. Saya pikir lagi, pasti ada yang salah. Iya pasti salah, flashback satu bulan kebelakang sebenernya saya nggak ngurangin ngemil sama sekali. Pagi sarapan sehat, tapi dikantor masih makan gorengan, order ayam geprek, bakwan malang dan teman temannya. Karena saya terbawa "beban diet", itu yang bikin nafsu makan saya jadi nambah karena maksain makan makanan hambar.

Terus gimana bisa turun sampe 50kg seperti sekarang ?

Singkat cerita, saya diterima di maskapai tersebut setelah melewati serangkaian tes yang makan waktu. Dan kemudian diberangkatkan ke Jeddah. Saya mulai tinggal di home base-nya. Saat itu berat badan saya masih 57kg, saat itu saya masih susah banget nurunin berat badan sampai kurang dari angka tersebut.
Selama di Jeddah, hidup saya berubah drastis. Lingkungan beda, pergaulan beda, makanan beda, dan pressure otak beda. Semuanya yang serba beda banget sama indonesia memaksa saya untuk beradaptasi. Disini perjalanan lanjutan diet saya dimulai.
Dua bulan pertama saya masih training di kelas. Saya jarang banget keluar dari apartmen, maklum anak baru. Masih belum berani keluar karena belum tahu seluk beluk kota itu. Kebanyakan waktu dihabiskan di dalam area apartemen, atau kami biasa sebut compoud. Mulai dari belanja bahan makanan, olahraga, belajar, semua di compound. Homesick sudah pasti, disini saya berusaha menyibukkan diri. Ditambah otak yang dipaksa pelajarin 2 buku tentang aviasi yang tebalnya kayak buku catatan dosa. Jadilah saya jarang banget ngemil. 
Selama dua bulan tersebut, Banyak teman saya ngajakin renang, joging dan olahraga lain. Karena disini kita semua dituntun punya berat badan yang ideal. Jadi semua semangat olahraga. Tapi kali ini beda, tidak ada pressure di pikiran kalau "saya harus kurus". Semua berjalan begitu saja. Olahraga bukan lagi beban. 
Lambat laun saya mulai biasa dengan lingkungan Jeddah. Saya mulai bisa pergi ke pasar, supermarket dan tempat belanja lainnya. Tapi, saya masih kurang cocok sama masakan Arab. Dan.... Mahal. Alhasil saya selalu masak masakan saya sendiri. Dengan bahan yang terbatas, karena bahan masakan dan bumbu-bumbu yang tidak se lengkap di Indonesia, saya masak seadanya.
Pagi sarapan buah+yoghurt, kadang roti tawar dengan telur. Menu makan siang bekal spagethi atau sayur. Untuk makan malem biasanya buah lagi, tidak jarang juga cuma minum susu. Saya hampir tidak pernah makan junkfood, atau makanan yang digoreng. Saya juga tidak pernah makan nasi. Karena kebanyakan beras yang dijual disana adalah jenis beras basmati, yang mana amat sangat tidak cocok di lidah saya. Kalau mau makan nasi produk ASEAN (Thailand, Vietnam, Philippines, Indonesia dsb), perlu ke supermarket Philippiness yang jaraknya lumayan jauh.&
Panas dan keringnya cuaca di Jeddah, membuat saya memperbanyak minum air putih. Dalam sehari saya bisa minum lebih dari 3 liter air. Selama disini saya lebih sering merasa haus dibanding lapar. Karena banyak minum, porsi makan saya jadi berkurang.
Sampai akhirnya semua itu jadi kebiasaan. Saya sudah terbiasa hidup seperti itu kurang lebih 9bulan. Bedanya, untuk sekarang ini saya jadi jarang olahraga karena sudah mulai padat jadwal terbang. Sampe saat ini berat badan saya stabil di 50-51kg. Porsi makan lebih sedikit, tapi sudah cukup bikin kenyang.
Jadi begitulah akhir certita saya, kenapa saya bisa turun sampai 9kg secara "nggak sengaja". Bukan instan, tapi karena kebiasaan dan gaya hidup yang berubah. Efeknya, secara tidak langsung berat badan juga mempengaruhi tingkat ke-mager-an saya. Yang dulunya gerakin kelingking aja males, sekarang tidak lagi. Saya juga merasa lebih sehat. Lebih rajin mau ngelakuin apa aja.
Jadi diet bukan cuma soal penampilan, tapi juga soal kesehatan.

No comments