Aman dan Nyaman Menginap di Shared Room Hotel

Saat  merencanakan budget untuk travelling, salah satu yang terpenting adalah akomodasi.  Kalau kamu tipe traveller hemat dengan budget pas-pas an, cobalah tipe hotel dengan shared room. Shared room atau capsule hotel sekarang memang lagi hits dan menjadi favorit para backpacker. Bagi yang belum tau, shared room hotel ini adalah tipe hotel dengan harga murah dan fasilitas yang cukup sederhana,  dan satu kamar bisa dipakai 4  atau 5 orang, bahkan lebih. Aman kah ?
source : traveloka.com

source : traveloka.com
Berdasarkan pengalaman saya beberapa kali menginap di hotel tipe ini tidaklah buruk. Nilai plusnya yaitu, harganya yang murah, didalam negeri satu malam bisa 70rb sampai 200rb rupiah, dan kalau diluar negeri biasanya antara 150rb sampai 300rb rupiah. Selain itu, disini kalian bisa ketemu dengan traveller traveller lain, sharing cerita dan bisa sekalian jalan bareng. Nilai minusnya, karena kita satu kamar dengan orang asing, pasti ada yang membuat tidak nyaman. Antara takut barang hilang, takut diapa-apain dan semacamnya, khususnya buat kamu para cewek.
Saya punya beberapa tips aman menginap di shared room hotel untuk cewek :

  1. Pastikan kamar yang kamu pesan khusus ladies, harus. Apalagi kalau kita muslim kan. Kalau seandainya satu kamar tidak masalah buat kalian, menginaplah dengan sahabat atau temen teman kalian.
  2. Pilih lokasi hotel yang tepat, tidak terlalu ramai dan tidak terlalu sepi.
  3. Simpan barang bawaan di loker yang disediakan dan kunci. Ini menghindari barang hilang. Setiap shared room hotel biasanya selalu menyediakan loker di setiap kamar.
  4. Coba untuk komunikasi dengan teman sekamar, komunikasi akan membangun relasi, kalau relasi terbangun pasti akan saling menjaga.
  5. Jangan terlalu bawa banyak barang, karena kamarnya sempit akan bikin nggak nyaman kalau bawa banyak barang.
  6. Simpan kontak resepsionis, hal ini untuk jaga-jaga kalau saja ada hal yang tidak diinginkan.
Bukan sangat merekomendasikan, tapi bisa jadi pilihan kalau kalian sedang hemat budget.

No comments