Aksesabilitas Ramah Difabel di MRT Jakarta

Beberapa tahun belakangan ini Indonesia tengah gencar dalam memperbaiki pembangunan transportasi umum. Ketersediaan fasilitas terus dikembangkan sesuai dengan standar yang ditentukan, guna untuk memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat yang terus meningkat. Yang tengah marak tahun ini adalah MRT Jakarta yang kini sudah mulai beroperasi.
Sejak diresmikan pada bulan maret 2019 lalu, MRT menjadi moda transportasi favorit bagi setiap warga Jakarta termasuk para penyandang disabelitas. Fasilitas yang disediakan PT. MRT Jakarta  diklaim ramah untuk difabel. Tak perlu khawatir, para penumpang berkebutuhan khusus dapat menggunakan fasilitas MRT dengan mandiri. 
Source : IG @mrtjkt

Dimulai dari akses untuk masuk setiap stasiun, MRT mempunyai lift khusus difabel dengan slope/bidang miring di depan pintu lift yang memudahkan untuk dijangkau dengan kursi roda. Lift ini dilengkapi dengan tombol braile dan ketinggian yang disesuaikan dengan pengguna kursi roda. Lift khusus ini terdapat di semua stasiun MRT baik untuk stasiun Elevated maupun underground. Dan juga menjangkau setiap bagian stasiun, mulai ground, concourse sampai bagian platform.
Source : IG @mrtjkt

Source : IG @ilham_hakiki
Untuk ticketing juga disediakan gerbang khusus yang tak hanya dapat digunakan untuk kursi roda, tetapi bisa juga digunakan untuk siapa saja yang membawa trolley ataupun koper. Disini  juga terdapat petugas yang siap membantu jika memerlukan bantuan. Lantai di stasiun MRT juga didesain dengan blok taktil yang mana lebih memudahkan bagi tunanetra.
Dan bagian terpentingnya adalah, MRT juga menyediakan portable ramp, portable ramp ini berfungsi untuk memudahkan penumpang dengan kursi roda untuk naik atau turun kereta, karena perbedaan ketinggian kereta dengan peron/platform. Installasi portable ramp dilakukan oleh passenger service  yang bertugas. Tak hanya itu, MRT Jakarta juga mempunyai toilet khusus untuk difabel yang dilengkapi dengan tombol darurat yang dapat digunakan jika pengguna butuh bantuan.
Dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut tentu sangat memudahkan. Dan hal ini diharapkan dapat diterapkan pula oleh moda transportasi lain demi keamanan dan kenyamanan setiap penggunanya, khususnya para penyandang disabelitas.

3 comments

  1. MRT jakarta udah keren sih dengan adanya akses untuk kaum difabel. Ya semoga untuk integrasi ke angkutan lain juga lebih di permudah.

    ReplyDelete
  2. Iya bener, ini baru fase 1 kok. Selanjutnya kalo udah banyak line mungkin bakal lebih mateng lagi

    ReplyDelete
  3. dlu aq skripsi bahas accessibilitas untuk difable untuk stasiun di jakarta...tapi kepala stasiunya ga mau di interview wkwkwk karena dari berpuluh2 checklist yg terpenuhi cuma 2-5 point saja wkwkwk....semoga segera dilakukan perbaikan untuk semua public place

    ReplyDelete