Dengan Careem, Mobilisasi di Tanah Suci Jadi Lebih Mudah

Sekarang ini, mayoritas masyarakat lebih memilih melakukan perjalanan dengan transportasi online. Meskipun menimbulkan kontroversi, keberadaannya tetap jadi idola karena kemudahan yang ditawarkan. Saya pribadi lebih memilih menggunakan transportasi online ketika bepergian ke kota-kota baru. Selain merasa lebih aman, transportasi online juga lebih praktis dan mudah. Tarif juga lebih murah dan jelas.
Sudah seperti ketergantungan rasanya, bahkan selama tinggal di KSA (Kingdom of Saudi Arabia) sekarang pun saya lebih prefer untuk pakai transportasi online. Nah, kalau di Indonesia ada Grab dan Gojek, di KSA juga ada yang namanya Careem. Careem sendiri bukan asli dari KSA, melainkan dari United Arab Emirates. Careem mulai beroperasi pada bulan juli 2012 di Dubai. Hingga kini, careem sudah beroperasi di lebih dari 100 kota dalam 14 negara di wilayah MENA (Middle East and North Africa), termasuk Jeddah. Untuk detail kota mana saja yang telah dijangkau careem, bisa di cek di website official www.careem.com.
Untuk menginstall aplikasi careem, pertama bisa di download di app store maupun play store kemudian install. Setelah itu, register dengan nomor HP dan masukkan personal info seperti biasa. Aplikasi careem sangat mudah digunakan, karena bisa di setting dalam bahasa inggris. Begitupun driver, kebanyakan driver di Jeddah bisa berkomunikasi pakai bahasa inggris. Selain itu mereka juga kooperatif dengan menunjukkan detail lokasi dan informasi tempat-tempat yang bisa dikunjungi di Jeddah.

Short cut untuk tujuan langsung ke makkah

Penggunaan careem kurang lebih seperti aplikasi transportasi online pada umumnya, dimulai dari menentukan titik jemput, setelah ini lanjut dengan menentukan titik tujuan kemudian konfirmasi. Tunggu beberapa saat sampai driver ditemukan. Oh iya, driver dalam careem disebut dengan captain. Setelah menemukan captain, lokasi captain, jenis mobil, nomor plat serta informasi lain ditampilkan secara detail. Nggak perlu khawatir lagi, insyaallah aman. Dan khusus untuk tujuan makkah, di dalam aplikasi sudah terdapat setting tujuan otomatis menuju makkah dengan tarif yang sudah ditentukan dari titik jemput. Tinggal klik, terus langsung confirm.
Tak hanya taxi, careem juga menawarkan jasa delivery barang dan juga delivery makanan. Sayangnya, untuk layanan food delivery pengguna harus meng-install aplikasi careem khusus untuk food delivery. Buat yang nanya, ngga ada ojek motor ya ?. Iya, transportasi roda dua bukan transportasi yang umum digunakan di kota ini. Panas gengs, belum lagi masalah debu, ngga nyaman banget deh.


Penentuan tarif pun menurut saya masih dalam batas rata-rata tarif taxi biasa. Nggak terlalu mahal, ngga terlalu murah juga. Contoh, untuk perjalanan kurang lebih 6km dipatok tarif sekitar 14-17 SAR. Untuk pembayarannya bisa cash, juga bisa top-up sebelumnya dengan bank local atau kartu  debit/credit yang kita punya. Kalau mau yang lebih murah, kalian bisa pakai harga paket perjalanan, misal paket langsung untuk 5 kali perjalanan atau paket hitungan jarak misal 100km sekali bayar yang bisa dipakai selama masih ada sisa perjalanan.
Gimana ? cukup mudah bukan ? saya rasa cocok untuk kamu yang mau melakukan perjalanan umroh secara mandiri, atau backpacker tanpa pakai jasa travel agent. Ataupun buat kamu yang cuma mau jalan-jalan aja di tanah suci. Lebih bebas atur waktu, nyaman dan nggak perlu khawatir lagi. Tips untuk wanita, sebaiknya tetap bepergian dengan mahram untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

No comments